Monday, December 15, 2008

bagi tki yg baru mau pulang

sebagai bekas tenaga kerja indonesia yg pernah mengenyam ganasnya kehidupan luar negri saya menyarankan bagi teman2 tki yg baru aja berangkat dan sekarang mau pulang ke indonesia dengan status liburan ato habis masa kontraknya.
yg perlu anda perhatikan di bandara mana anda akan turun nantinya,menurut pengalaman saya dan teman2 saya yg lain daerah bahwa alangkah baiknya klo anda turun dibandara selain cengkareng jakarta.karna apa,karna udah terlalu banyak cerita dari teman saya klo di jakarta setelah kita mendarat terlalu banyak kesulitan kesulitan yg kita dapatkan untuk bisa keluar dari bandara itu sendiri.karena status kita sebagai tenaga kerja indonesia maka kita akan diarahkan dulu dan diperiksa segala ketentuan dari peraturan di bandara itu sendiri.dan terlalu banyak pertanyaan pertanyaan yg diajukan ke kita sebagai tki yg menurut pandangan teman2 sangat menyulitkan kita.sebenernya tujuannya baik tp prosesnya disana berbelit belit (ya tau sndirilah).
kalo gak gitu,umpama kita bisa lolos dr pemeriksaan imigrasi di cengkareng dan melenggang klwr tp kita gak tahu kemana tujuan dan arah,maka berhati2lah karena banyak sekali kalong kanlong yg berkeliaran dan bersiap untuk menghisap darah keringat kita,cerita teman saya pada tahun 2005 dia pulang tujuan akhir bandara cengkareng karena emang dia udah berniat dr jakarta nnt dia naik kereta ke cirebon,setelah turun dia dihadapkan dng pihak imigrasi dan ditanya ini itu ini itu dia bs menjawab semuanya dan dia diijinkan pergi sendiri pulang karena dia mmg laki laki tp pas dia udan di pintu klwr udah ada yg menunggui di sana dan berusaha memberi jasa pertolongan semacam taksi ke tujuan selanjutnya,teman saya setuju dan ok,tp pas di tengah perjalanan dan masih di dalam bandara tmn saya diplorotin hasil jerih payahnya yg buat dia uang saku perjalanan dr bandara ke tempat dia di cirebon,gak tanggung tanggung hampir 4jt rupiah di ditodong dan masih dalam lingkup bandara.
maka berhati hatilah teman...

menurut hemat saya dan pengalaman saya selama pulang 2x dari negara arab biar dimanapun tujuan akhir rumah anda di jawa tengahkah,di jawa timur ato di jawa barat,anda lebih baik turun melalui jalur yg aman aja.
saya 2x turun melalui jalur bandara juanda,disana selepas kita turun dr pesawat sampai cek pasport trus ambil koper bagasi kita dan keluar dr pintu kedatangan luar negri,gak ada kendala sama sekali.malah kita disapa dng hangat oleh petugas imigrasi yg mengecek pasport kita dng salam kedatangan "selamat datang pak" rasanya kerinduan kita terhadap tanah air makin menjadi jadi untuk segera bertemu keluarga dengan keramahan khas indonesia.
langsung keluar dan langsung sewa taksi....aman.


ini saya buat bukan untuk membedakan perlakuan dari pihak tertentu tp memang ini terjadi sebagai mana pengalaman saya dan teman2 saya.
jika ada salah paham dalam artikel saya ya maap saja.

No comments: